Entri Populer

Senin, 12 Desember 2011

PENGERTIAN, RUANG LINGKUP DAN TUJUAN PEMBELAJARAN FIQIH DI SEKOLAH DASAR


A.  Pengertian Ilmu Fiqih.
            Secara etimologi  fiqh berarti pemahaman yang mendalam  dan membutuhkan pengerahan  potensial akal, seperti yang diisyaratkan  dalam Q.S Thaha ayat 27 -28, yaitu :
وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي ﴿٢٧﴾يَفْقَهُوا قَوْلِي ﴿٢٨﴾
Artinya : “ dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku . Supaya mereka mengerti perkataanku”.1
Dan juga pada Q.S An-Nisa ayat 78, Yaitu:
أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِككُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنتُمْ فِي بُرُوجٍ مُّشَيَّدَةٍ ۗ وَإِن تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا هَـٰذِهِ مِنْ عِندِ اللَّهِ ۖ وَإِن تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَـٰذِهِ مِنْ عِندِكَ ۚ
قُلْ كُلٌّ مِّنْ عِندِ اللَّهِ ۖ فَمَالِ هَـٰؤُلَاءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا ﴿٧٨﴾

Artinya : “ Di mana saja kamu berada  kematian akan mendapati kamu , kendatipun kamu 
berada di dalam benteng  yang tinggi dan kokoh, dan jika mereka memperoleh  kebaikan , mereka mengatakan . “ ini adalah dari sisi Allah , dan kalau ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan. “ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad) “. Katakanlah .”semuanya datangnya dari sisi Allah”. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hamper-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun”.2

Juga dalam hadits Rasulullah Saw.
مَنْ يُرِيْدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ
                ____________________
1Al-Qur’an dan terjemahnya .Q.S Thaha. 27-28.h.250           
                2Al-Qur’an dan terjemahnya .Q.S An-Nisa.78.h.72

Artinya :     “Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang.  Dia akan memberikan pemahaman agama (yang mendalam ) kepadanya “

Adapun pengertian Fiqih  secara terminology seperti yang di kemukakan oleh para ahli fiqih adalah :
اَلْعِلْمُ بِالْأَ حْكَامِ الشَّرْعِيَّةِ الْعَمَلِيَّةِ الْمُكْتَسِبَةِ مِنْ اَدِلَّتِها التَّفْصِلِيَّةِ
Artinya : “ Ilmu tentang syara’ tentang perbuatan manusia (amaliah) yang di ambil dari
dalil dalil yang terperinci”.3

B.  Tujuan Pembelajaran PAI (fiqih) di Sekolah Dasar
            Secara garis besar bahwa pengajaran materi fiqih  di sekolah Dasar adalah salah satu
       Materi yang ada pada mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam (PAI).
       Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk:
      a. menumbuhkembangkan  akidah  melalui pemberian,  pemupukan,  dan pengembangan    
          pengetahuan,    penghayatan,   pengamalan,   pembiasaan,   serta pengalaman peserta
          didik  tentang  agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus
          berkembang keimanan  dan  ketakwaannya kepada Allah SWT;
      b. mewujudkan   manusia   Indonesia   yang   taat   beragama   dan   berakhlak   mulia   
          yaitu  manusia yang   berpengetahuan,   rajin  beribadah,   cerdas,  produktif,   jujur,  
          adil,   etis,  berdisiplin,  bertoleransi  (tasamuh),  menjaga   keharmonisan   secara     
          personal   dan    sosial   serta mengembangkan budaya agama   dalam   komunitas
          sekolah.
     
 Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
         a. Al-Qur’an dan Hadits
         b. Aqidah
___________________
                        3Ushul Fiqh.Hal.6
         c. Akhlak
         d. Fiqih
         e. Tarikh dan Kebudayaan Islam
         Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan,  dan  keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan  hubungan  manusia dengan alam  sekitarnya.
       Adapun tujuan pembelajaran Fiqih  di sekolah dasar adalah  bertujuan untuk membekali peserta didik   agar dapat :
a.       Mengetahui dan memahami cara-cara  pelaksanaan  hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah, maupun muamalah untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan pribadi dan sosial.
b.      Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dan  ketaatan  dalam  menjalankan ajaran  agama Islam baik dalam hubungan  manusia  dengan Allah dengan  diri  manusia  itu  sendiri, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.

       2.  Ruang Lingkup Pembahasan Materi Fiqih di Sekolah dasar
Ruang lingkup pembahasan materi Fiqih di Sekolah Dasar berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar (SKKD) Yaitu :

Kelas I, Semester I
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

1.      Mengenal tata cara bersuci
      (thaharah)
2.      Rukun islam

1.      Menyebutkan pengertian bersuci.
2.      Mencontoh tata cara bersuci

Kelas I, Semester II
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

1.      Membiasakan bersuci  (thaharah)

1.      Menyebutkan tata cara berwudhu.
2.      Mempraktekan tata cara berwudhu
Kelas II, Semester I

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

1.      Mengenal tata cara berwudhu

1.      Membiasakan wudhu dengan  tertib.
2.      Membaca do’a setelah berwudhu.

2.      Menghapal  bacaan Shalat

1.      Melapalkan bacaan Shalat
2.      Menghapalkan bacaan shalat
Kelas II, Semester II

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Membiasakan shalat secara tertib

1.      Mencontoh gerakan shalat
2.      Mempraktekan shalat secara tertib
Kelas III, Semester I

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Melaksanakan salat dengan tertib
1.      Menghafal bacaan salat
2.      Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan shalat
Kelas III, Semester II

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Melaksanakan salat dengan tertib
1.      Menghapal bacaan shalat
2.      Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan salat
Kelas IV, Semester I

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
1.      Menyebutkan rukun shalat
2.      Menyebutkan sunah shalat
3.      Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
4.      Menyebutkan  hal-hal yang membatalkan shalat
Kelas IV, Semester II

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Melaksanakan dzikir dan berdo’a
1.      Melaksanakan dzikir setelah shalat
2.      Membaca do’a setelah shalat
Kelas V, Semester I

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Mengumandangkan azan dan iqamah
1.      Melafalkan lafal azan dan iqamah.
2.      Mengumandangkan azan dan iqamah

Kelas V, Semester II

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Mengenal puasa wajib
1.      Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa bulan Ramadhan.
2.      Menyebutkan hikmah puasa
Kelas VI, Semester I

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan
1.      Melaksanakan shalat Tarawih di bulan Ramadhan.
2.      Melaksanakan tadarus Al-Qur’an
Kelas VI, Semester II

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Mengetahui kewajiban Zakat
1.      Menyebutkan macam-macam zakat.
2.      Meyebutkan ketentuan zakat fitrah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar